Graphing dengan MikroTik…


Yak, ketemu lagi di senenkliwon.wordpress.com masih bersama saya si empunya blog. *macam presenter tipi aja… :p

Pemirsa blog sekalian, kali ini saya masih mau ngutak atik MikroTik yang ternyata punya fitur monitoring trafik juga, atau basa gaulnya Graphing kalo di MikroTik.

Graphing di MikroTik mirip sama MRTG (Multi Router Traffic Grapher). Kalau udah pada pake MRTG, pasti nanti familiar.

Nah, biar nyambung, baca dulu postingan yang ini.
Trus kalo bisa lanjut dulu ke yang ini dan ini. Hehehehe ๐Ÿ˜‰

OK, habis itu, langsung aja yuk kita konfig si MikroTik-nya biar graph ini muncul.

1. Settingan di MikroTik.

[admin@MikroTik] > tool graphing set store-every=5min
[admin@MikroTik] > tool graphing interface add interface=all allow-address=0.0.0.0/0 store-on-disk=yes disabled=no

Perintah di atas digunakan untuk memunculkan graph dari traffic network di semua interface (all = local dan public), kemudian setiap 5 menit, graph tersebut di-update.

Direktif allow-address, digunakan untuk IP address mana saja yang boleh mengakses graph ini.

2. Akses dari client.

OK, buka saja http://IP_Address_MikroTik/graphs
Kalau berdasar spec yang saya punya, IP address MikroTik nya jadi 192.168.231.1

So, saya bukalah itu http://192.168.231.1/graphs, dan yang muncul adalah ini :

Trus, muncul 2 interface kan, public dan local. Pilih aja mana yang suka. :mrgreen:

OK, segitu dulu yaaaa.. ๐Ÿ™‚

Advertisements
Comments
2 Responses to “Graphing dengan MikroTik…”
  1. Agus Priyadi says:

    mantaf gan, ati-ati dengan file mrtg nya, jangan sampa not enough space :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: