saya iri…


Yah, saya memang sedang iri.. Beberapa hari belakangan ini, status YM saya berbunyi “mendambakan RI sebagai negerinya para pejalan kaki dan surganya orang bersepeda“. Hahaha.. Apakah itu muluk2 yah mengingat negara yang kita cintai bersama ini, dilihat dari segi tata kota dan musimnya, kurang mendukung. Uuugh.. Mungkin kalo dari musim, kita gag bisa atur kan itu kuasa Tuhan YME. Yah palingan klo ujan, tinggal sedia jas ujan ato payung. Tapi klo bisa sih, ruang hijau di perkotaan musti ditambah lagi. Antisipasi kalo pas lagi musim kemarau yang panas. Jadi banyak jalur yang rindang karena pohon-pohonnya masih banyak. Sejuk kesannya. Nah, kalo dilihat dari tata kota, sudah jelas.. begitu semrawut. Ha3x.. Bikin gag nyaman buat jalan kaki. Orang jalan kaki ke kantor aja musti ngalah sama mereka2 yang bermotor ria ato bermobil ria. Ngantre booo.. Capedeeh.. *dendam kesumat* πŸ˜€

Lihat juga neh, curhatan orang2 di sini. Itu baru dari segi transportasi saja. 😦

Gimana klo ditilik dari segi politik, pariwisata, olah raga, dan lain-lain?? Huhuhu, dulu yang jamannya Indonesia langganan juara piala Thomas dan Uber di cabang bulu tangkis. Sekarang ke mana? Pensiunan atlet pun seperti madesu (masa depan suram). Gag heran klo ada aja atlet asli Indonesia yang akirnya jadi atlet luar negeri ato melatih atlet-atlet luar negeri.

Dari segi pariwisata aja, sepertinya kita kalah saing sama negara tetangga. Masa’ yang katanya negeri kita “gemah ripah loh jinawi” ini, yang punya banyak potensi pariwisata dari mulai wisata bahari, budaya, kuliner, wisata alam, dll, masih kalah dalam menggaruk jumlah wisatawan manca jika dibanding dengan negara tetangga. Apa sistem promosinya kah yang salah? Ato sarana prasarana yang kurang memadai? Entahlah..

Saya memang belum bisa memberikan sumbangsih berarti buat negara kita tercinta ini. Tapi minimal, saya masih taat bayar pajak. *yg gag tau deh itu uang buat pajak sebenernya diapain*

Huhuhu.. saya iri sama negara2 lain yg lebih maju dibanding kita, biar kata SDA dan SDM nya jauh lebih dikit. Apalagi setelah nonton reality show tentang games yang dimainkan oleh seleb2 Korea, judulnya “Running Man“. Mungkin ada yang pernah liat?

Beberapa kilas tentang Running Man, bisa teman2 lihat di sini πŸ˜€ Yang akan saya bahas di sini adalah segi positif reality show tersebut. Running Man ini mengambil lokasi shooting di tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan ajang promosi pariwisata Korea. Contoh :

1. Museum : Gwacheon National Science Museum, Seoul Museum of History, National Museum of Contemporary Art, dll.

Ya ampuuun, iri sayah liat museum-museum di sana begitu sophisticated, terawat dan tertata rapiih.. Indah dipandang, lighting yang menawan.. halaah.. πŸ˜€ Kapan museum di Indonesia bisa begitu yah?

2. Landmark kota :Β Times Square, Suwon World Cup Stadium, N Seoul Tower, dll.

Pengen coba ke sono. Mungkin kalo di sini, N Seoul Tower itu kayak Monas. Hehehe.

3. Perkantoran : Seoul Central Post Office, SBS Broadcasting Center, Korea Meteorological Administration, dll.

Begitu wooow.. Hehehe..

Masih ada tempat-tempat lain, seperti ski resort, stasiun subway, gedung opera, terus yang kayak di Sea World gtu.. Aaah saya iri. Mereka promosi banget. Selain untuk ajang entertain, bisa jadi ajang promosi pariwisata mereka, baik itu untuk turis domestik, maupun mancanegara. Saya yang dari Indonesia aja ampe terkagum-kagum ngeliat tempat-tempat shooting-nya. *ngiler*

Hmmh.. Semoga negeri yang kita cintai bersama ini, segera bangkit dari era (yang menurut saya sih) sungguh amat begitu terpuruk. Yang duduk di pemerintahan brantem mulu. Yang rakyat jelata makin merana. Negeri ini mungkin (kalo saya baca2, bisa dibilang) jarang prestasinya. Sungguh saya salut buat siswa-siswa Indonesia yang meraih medali di olimpiade sains. Makasih ya.. πŸ˜€ Paling nggak, kalo baca berita masih ada hiburannya.

Hmm.. Menanggapi ke-iri-an saya, khususnya dalam bidang transportasi. Mungkin sedikit solusi (dapet dari chat sama temen kuliah), Indonesia bisa bikin kota percontohan yang belum begitu dipoles, dan kira2 masih sejuk dan segar, penduduknya pun gag terlalu banyak (masih mudah mengaturnya). Lalu bikin percontohan untuk tata kota danΒ  moda transportasi seperti jalur subway, jalan raya (jalur sepeda & pejalan kaki dikhususkan), kemudian untuk angkot dll dibuat senyaman mungkin. Kalau bisa nanti dibangun international airport. Halaaah.. Masih muluk2? Kayaknya nggak juga deh.. Seandainya pemerintah mau, dan asal duit rakyat gag DIKORUPSI.. Saya yakin, Indonesia akan bangkit!!!

Ada solusi lain? πŸ™‚

*ditulis di tengah ke-gundahgulana-an saya sebagai anak bangsa yang katanya “gemah ripah loh jinawi”*

Memperingati juga Hari Blogger Nasional.. Selamat nge-blog, teman2.. πŸ™‚

Comments
7 Responses to “saya iri…”
  1. oedi says:

    Wah… iri yang baik neh… chayooo yach.. πŸ˜€

    • ningnong says:

      makasih dah mo berkunjung, di’.. hehehe.. yah gtu deh.. Moga kita menjadi anak bangsa yang baik, yang bisa kembali membangun negara yang kita cintai ini.. aamiin.. πŸ™‚

  2. dhika says:

    baca tulisan mu, jadi inget 2 artikel.

    Artikel pertama, aku pernah baca di blog orang Malaysia, ceritanya dia lagi jalan2 ke Bandung, dan dia terheran2 sama banyaknya penjaga toko yang masih muda2 (banget), dan dia sempet tanya sama penjaga toko itu knapa gak skul malah kerja, dan penjaga toko itu berkomentar bhw, “dia lbh seneng kerja dapet duit, daripada skola bingung cari duitnya”. Trus, si pelancong Malaysia itu malah bersyukur bahwa skola di malaysia itu sudah dibiayai pemerintah, rakyat gak lagi membayar. Duh malu banget aku pas baca tulisan dia, kesannya Pemerintah Indonesia gak becus banget ama rakyatnya, walo terkadang aku pikir iya sih 😦 .

    Artikel kedua, ttg orang Indo yg lagi skul di Jepang,dan critanya dia pgn jalan2 gtu. Trus, krn sebuah poster dan promosi gila2an ttg sebuah kuil yg ada 3 monyet (itu loh monyet yg tutup mata, tutup telinga ama tutup mulut), akhirnya dia tertarik banget dtg kesitu. Ehhh.. taunya, pas nyampe sana, dia kecewa berat, ternyata cuma pagoda dan ada patung 3 monyetnya. Dia juga iri sm kayak kamu, Jepang ampe sgtunya banget promosiin hal utk kuil gtu aja. Padahal coba tmpt wisata di Indonesia bnyk bgt tuh yang lebih oke.

    Dan, aku cuma bisa speechless pas baca2 artikel tsb. Negara ini sedang sakit, dan mudah2an segera sembuh. Aku setuju sama kamu, suatu saat, Indonesia Pasti Bangkit..!! . Aamiin!

    Solusi lain? hmm.. selain berdoa? hmm.. kayaknya dengan rajin blogging (in english) ttg wisata alam di Indonesia bisa jalan utk bikin wisatawan dateng, dan mudah2an dengan banyaknya wisatawan bsa “nyentil” pemerintah utk bagusin sarana dan prasarananya.. aamiin. πŸ˜€

    Jadi, ayo kiii.. semangat tulisan ttg karyawisata kita in english.. wakakaka…

    Nice post, anyway πŸ˜‰

    • ningnong says:

      what a great feedback from u, bu D.. yups, udah nyoba sih nulis pake inggris, bisa ditemuin di sini dan di sini..

      tapi kyknya masih dikit bgt yah.. huhuhu..

      but, eniwei.. aku cmn pgn, pemerintah dan rakyat tuh pada akur, saling suport. yg duduk di atas jgn pada makan uang rakyat jelata. yg di bawah jg jgn pada ricuh aja..

      biar “MERDEKA” tetap punya makna.. πŸ™‚ *i wish

  3. Asop says:

    Saya juga mengidam-idamkan trotoar yang ramah bagi pejalan kaki. 😳
    Tanpa ada gangguan PKL yang “memakan” trotoar. 😳
    Lalu, sambil dilindungi oleh rindangnya pepohonan, terlindung dari terik matahari. 😳
    *mimpi*

    Tak ada salahnya bermimpi. πŸ˜†

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] dia menggemari serial variety show Korea yang judulnya Running Man (dan udah pernah dibahas di sini), maka dia carilah itu nama2 member Running Man. Hingga dia hinggap di sebuah halaman yang […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: