p.a.s.t.a


Yow.. Kembali lagi bersama saya dan masih di blog yang sama.. Kali ini saya bakal ngebahasΒ traditional food-nya Italia, tapi sekarang kayaknya udah ada di mana-mana yah, alias udah mendunia. Makanan itu adalah “PASTA“.

Duluu.. Dulu banget maksudnya, saya sempet ngirain kalo pasta ituh adalah saus-nya spaghetti *ketauan kan udiknya πŸ˜›* Tapi ternyata oh ternyata, pasta itu adalah adonan makanannya, jadi bukan saus-nya πŸ˜†

Sedangkan pasta menurut Wiki adalah “makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk”. Jadi, memang banyak variasi-nya.. :mrgreen:

Oh iya, ngomong2, kenapa sih saya jadi pengen mengangkat tema “PASTA” dalam postingan kali ini? Selidik punya selidik, karena kemaren wiken saya sempet nonton acara “Junior Masterchef Australia 2“, yang mana *bosone reek, resmi tenan* sedang dilakukan seleksi untuk menentukan siapa2 saja yang bakal masuk Top 20.

Nah, tema masakan mereka waktu itu adalah masakan yang terbuat dari pasta. Jadinya, saya penasaran dan pengen nulis tentang pasta. Hehehe..

Salut juga saya sama anak2 kecil itu, usianya ya maksimal sekitar 12-an tahun lah. Tapi udah bisa masak macem-macem. Enak2 lagi (tau dari dengerin komentar jurinya :P), presentasi (tampilan sajian)-nya juga bagus. Hmmm.. Pada blajar masak dari mana yah? πŸ˜€

OK, balik lagi ke tema “Pasta”.. Yuuuk

1. DEFINISI PASTA

Nah kalo tadi udah ditulisin mengenai arti dari pasta sendiri, sekarang bakal dijabarin mengenai arti pasta dalam basa Inggris dan bahasa asalnya, yaitu Italia.

Arti pasta dalam basa Inggris sendiri (masih menurut sumber yang sama) adalah “sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus”.

Jadi, karena pasta sendiri banyak macamnya, so definisi menurut basa Inggris ini mengetengahkan masakan yang dibuat dari salah satu jenis pasta, terus dikasih bumbu sama saus.

Sedangkan menurut asalnya, pasta berasal dari bahasa Italia, yaitu “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan.

Dan dalam arti luas, pasta bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake.

2. SEJARAH SINGKAT PASTA

Menurut Wiki, pasta itu udah ditemukan dari jaman duluuu.. Dan di berbagai tempat di seluruh dunia, terutama yang emang penduduknya menjadikan gandum dan serealia jadi bahan pangan pokok. Gandum yang udah digiling, nantinya dialusin biar jadi roti ato dibikin bubur. Terus kenapa pasta? Kemungkinan besar, itu adalah alternatif selain bikin bubur dan roti, karena pasta itu dibikin tanpa perlu dimasak2 dulu, jadi bisa buat makanan awetan.

Nah, masih juga menurut Wiki *sumber yang saya sukai untuk cari2 info πŸ˜€* pasta ditemukan di beberapa tempat berikut :

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM.

Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.

Jadi, emang udah lama banget yah.. Sebelum masehi coba.. Ckckckck πŸ˜€

3. JENIS-JENIS PASTA

Jenis pasta menurut pembuatannya :

  • Fresh pasta (pasta fresca) adalah pasta fresh, atau yang biasa dibikin adonan terus dimasak.

Fresh pasta terbuat dari tepung, garam, dan telur. Lebih populer di daerah Italia Utara yang lebih dingin.

  • Dried pasta (pasta secca) adalah pasta kering yang kadang2 kita anggap sebagai factory-made pasta.

Pasta kering terbuat dari tepung, garam, dan air. Dan lebih populer di daerah Italia Selatan yang lebih hangat. Setelah adonan dibuat, dan dicetak/dipotong, hasilnya akan digantung di rak untuk dikeringkan sampai tidak basah/lembab lagi (fully dried).

Nah, lebih lengkapnya, silakan refer ke sini dan ke sana. πŸ˜€ Kalo mau lebih jelas tentang perbedaannya, silakan ke link ini.

Untuk jenis pasta menurut macamnya, wuiiih.. buanyaaak pemirsa!! Saya gag lebay, tapi saya liat sendiri di Wiki edisi basa Inggris. Bacanya aja smpe puyeng..

Hehehe.. Tapi saya ambil contoh beberapa aja yah.. Yang udah lumayan terkenal di telinga dan lidah kita πŸ™‚

Siapa yang gag tau spaghetti? Huaa.. Makanan maknyus yang satu ini merupakan makanan yang dihasilkan dari pasta yang berbentuk mie. Jadi panjang2 gtuh..

  • Bentuk : Kayak mie, silindris, kecil, panjang.
  • Panjang : Dahulu bisa mencapai 50an cm, tetapi sejak abad ke-20an, panjangnya hanya sekitar 25-30 cm.
  • Penyajian : Bisa disajikan dengan macam2 saus, contohnya Spaghetti ala Carbonara (bawang putih dan minyak), dapat juga menggunakan saus tomat, dll.

Enak yah? Hihihi..

Siapa juga yang gag kenal lasagna? Ini lho makanan favorit-nya si kucing gendhut, Garfield. Hohoho.. Kalo lasagna ini bentuknya hanya lebar dan pipih saja. Cara masaknya adalah dengan dipanggang. Secara harfiah, isinya adalah daging, tapi seiring berjalannya waktu.. *tsaaaah* isiannya bisa berupa sayuran, ayam, makanan laut, dan yang lainnya sesuai selera πŸ™‚

Dan, malamnya setelah nonton Junior Masterchef Australia 2, sepupu saya dateng donk, bawain lasagna.. Pas banget kan?! πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Kalo ini saya lupa udah pernah makan apa belum yah.. Hmm.. Tapi yang pasti bentuknya sih kayak bakmie-nya Chinese food. Jadi kalo dari artinya sendiri, fettuccine ini adalah “little ribbons” ato dalam basa Indonesia-nya adalah pita kecil.. Jenis pasta yang ini populer di masakan Roman. Salah satu masakan menggunakan fettuccine yang terkenal adalah Fettuccine Alfredo (di Amerika Utara) yaitu fettuccine yang disajikan dengan keju parmesan dan mentega. Ada juga Spinach Fettuccine, yaitu fettuccine yang dibuat dari bayam, tepung, dan telur.

Lumayan banyak juga anak2 di Junior Masterchef Australia 2 yang masak ravoli kmaren. Apa sih ravioli itu? Ravioli adalah jenis pasta yang punya isian di dalamnya. Jadi kayak pasta yang dicetak kecil-kecil (bisa bulat ato kotak), terus ditumpuk 2, dan diisi tengahnya dengan bahan makanan lain, bisa sayuran, ato yang sesuai selera. Nah, saya pernah liat juga itu anak2 ada yang bikin ravioli warna coklat, dia bilang sih chocolate ravioli. Bisa juga yah ternyata… Hihii.. kreatip πŸ˜€

Nah, klo yang ini.. Pasta-nya berbentuk cincin (ring-shaped). Biasanya berisi campuran beberapa daging atau keju. Yummy yah.. Asalnya dari daerah Bologna dan Modena. Biasa disajikan dengan kaldu, bisa kaldu sapi, ayam, atau keduanya. Tortellini ini punya kembaran, namanya tortelloni. Kalo tortelloni ini ukurannya agak lebih lebar dari tortellini, dan isiannya berupa sayur-sayuran.

Tagliatelle bentuknya mirip dengan fettuccine, hanya saja ukuran lebarnya tidak sama. Fettuccine lebih lebar dibandingkan dengan tagliatelle. Biasa disajikan dengan saus yang kental, seperti saus yang ada campuran daging sapi, atau kelinci, saus dengan campuran sayuran, atau saus dengan campuran telur dan keju. Dan yang lebih lumrah sih pake saus tomat campur daun basil. Hehehe..

Yak itu dulu deh untuk jenis-jenis pasta. Untuk lebih lengkapnya, silakan temen2 browse sendiri yah di internet.

Baiklaah, ngomongin soal makanan saya jadi laper. Hehehe, dan berhubung ini udah jam makan siang, saya mau capcus dlu.. C u di kesempatan yang lainnya yah.. πŸ˜‰

Sumber and Thanks to :

Gambar dicomot dari :

Advertisements
Comments
6 Responses to “p.a.s.t.a”
  1. ifhayz says:

    wooooow, jadi pengen makan pasta nih…
    btw jadi inget, di Bandung itu ada restoran namanya Warung Pasta.. Kalo mau cobain banyak jenis pasta disana bisa jadi tempat yang pas… *iklan mode: on* πŸ˜€

    • ningnong says:

      wah, siap2 jelajah bandung neh.. culik dhika kali yah.. πŸ˜†
      makasih referensi-nya.. πŸ™‚

      hayook beli aja, katanya mau pasta orzo.. πŸ˜€
      jgn lupa kirim ke lt. 6 yaa..

      • ifhayz says:

        hehehe… iya tuh.. dhika mungkin lebih banyak ngerti bandung…
        oiya, satu hal lagi yang ku inget sama pasta… Dulu temen kerjaku itu ada yang jago masak, nah pas dia ulang tahun pernah dia bawa spaghetti rasanya enaaaaaak banget….

        jadi pengen lagi… hahaha…

  2. ningnong says:

    yah, mnta lagi brti ke temenmu.. biar dimasakin lagi.. tapi skrg mntanya porsi besar bgt, secara bagi2 ke anak ICT juga.. :mrgreen:

  3. oedi says:

    Hmm.. nyamiiii..
    Wah liat foto2nya jadi kepengen banget ama tuh makanan.. πŸ™‚
    Tapi sebagai orang Indonesia yang “belum makan kalu belum makan nasi”, akhirnya saya lebih suka menu asli Indonesia seperti semur jengkol, sambel pete, rendang, dll… hehe.. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: