Graphing dengan MikroTik…


Yak, ketemu lagi di senenkliwon.wordpress.com masih bersama saya si empunya blog. *macam presenter tipi aja… :p Pemirsa blog sekalian, kali ini saya masih mau ngutak atik MikroTik yang ternyata punya fitur monitoring trafik juga, atau basa gaulnya Graphing kalo di MikroTik. Graphing di MikroTik mirip sama MRTG (Multi Router Traffic Grapher). Kalau udah pada pake … Continue reading

Web Proxy dengan MikroTik…


Hello.. ketemu lagi.. yak, kalo kemaren dah mbahas basic tutor untuk router dan DHCP server dengan MikroTiK, maka sekarang kita bahas aja penggunaan MikroTik untuk web-proxy. Kalau dulu sempet buat proxy server menggunakan SQUID yang jalan di Linux, sekarang kita coba menggunakan MikroTik. Apa, bagaimana, dan fungsi proxy server bisa dilihat di postingan ini Spec … Continue reading

DHCP Server dengan MikroTik…


Lanjutan tutor MikroTik yang sebelumnya, sekarang masuk ke tahap bikin DHCP server dengan MikroTik. Ayeee…!!! Spec sistem sama kayak yang di postingan ini. Cuman, nanti IP client-nya yang gag static, karena nanti di-set biar dapetin IP DHCP dari MikroTik router-nya. MikroTik as DHCP server : IP DHCP server        : 192.168.231.1 (interface local) IP DHCP … Continue reading

Simple Router dengan MikroTik…


Halooo sudah lama gag jumpa dengan tutorial saya. Lagi belajar utak-atik MikroTik buat router yang sangat simpel. Apa seh MikroTik itu? Silakan dipelajari sendiri di web-nya MikroTik. hehehe 1. Spesifikasi Sistem Untuk percobaan, ningnong menggunakan laptop yang selanjutnya kita sebut sbg host karena dlm percobaan ini juga dipakai VMWare yang berisi 2 mesin (guest) di … Continue reading