Green Canyon – Pangandaran (epilog)


BAGIAN 8 : ITINERARY

–JADWAL–

Jum’at, 2 Maret 2012
07.30 – 09.15           : naik busway ke Terminal Kampung Rambutan
09.15 – Sabtu 06.30 : naik bus Merdeka ke Pangandaran

Sabtu, 3 Maret 2012
06.30 – 07.00        : bersih2 di Masjid dekat Terminal Pangandaran
07.00 – 08.00        : naik pick-up GUHA BAU ke sekre Body Rafting
08.00 – 10.00        : sarapan, ganti baju, persiapan Body Rafting
10.00 – 10.30        : naik mobil ke Check Point Body Rafting
10.30 – 11.00        : treking ke Check Point Body Rafting
11.00 – 15.30        : Body Rafting
15.30 – 15.45        : kembali ke sekre Body Rafting
15.45 – 17.30        : istirahat, mandi, sholat, makan, menunggu hujan reda
17.30 – 18.00        : naik pick-up ke Pantai Batu Karas
18.00 – 18.30        : main2 di Batu Karas
18.30 – 19.00        : pulang ke sekre Body Rafting, ambil sertifikat
19.00 – 19.30        : naik pick-up ke Pantai Batu Hiu
19.30 – 19.45        : foto2 di patung Batu Hiu
19.45 – 20.15        : tiba di Hotel Ross Inn, say gudbye to Kang Dede dan pihak GUHA BAU *THANKS A LOT*
20.15 – Minggu, 04.30 : check in, istirahat

Minggu, 4 Maret 2012
04.30 – 05.30    : sholat Subuh, siap2 jalan2
05.30 – 07.45    : gowes pagi ke Pantai Barat & Timur Pangandaran, foto2, sarapan
07.45 – 08.00    : balik ke hotel
08.00 – 10.30    : sarapan, mandi, beres2, check out
10.30 – 11.00    : naik becak ke Terminal Pangandaran
11.00 – 14.00    : naik bus kecil ke Tasikmalaya
14.00 – 22.00    : naik bus ke Cililitan
22.00 – 22.20    : naik Taxi ke kantor

–BIAYA–

1. Berangkat

  • Busway : Rp 3.500,-
  • Retribusi masuk terminal : Rp 500,-
  • Bus ke Pangandaran : Rp 65.000,-

2. Green Canyon – Pangandaran

  • Sewa pick-up : Rp 200.000,- (patungan, sesuaikan dengan jumlah peserta rombongan)
  • Body Rafting : Rp 175.000,- (include ongkos perahu, sertifikat dan lunch)
  • Mandi : Rp 2.000,-
  • HTM Batu Karas : Rp 27.700,- (patungan, sesuaikan dengan jumlah peserta rombongan)
  • Penginapan : Rp 150.000,- (patungan, max. 1 kamar 3 orang)

3. Pulang

  • Bus ke Tasik : Rp 20.000,-
  • Bus ke Cililitan, Jakarta : Rp 40.000,-
  • Taxi ke Tendean, Mampang : Rp 20.000,- (patungan, ber-5)

Jadi, kalo saya sendiri, totalnya adalah sekitar Rp 390.000,-. Belum termasuk makan dan suvenir. Tapi biaya makan juga gag mahal2 banget kog. Sebenernya bisa murah lagi, tergantung penginepan. Saran saya gag usah cari yang AC aja. Udah dingin.. 😀

BAGIAN 9 : TIPS & TRIK

1. Persiapan

  • Hubungi pihak pengelola Body Rafting (untuk sewa pick-up dan kegiatan Body Rafting) dan penginapan. Booking dari jauh2 hari, in case saat yang diambil adalah wiken, takutnya udah penuh.
  • Cari penginepan yang tanpa AC untuk menghemat biaya. Pangandaran sudah dingin bung! 😀
  • Siapkan dana untuk booking kendaraan (pick-up), Body Rafting, dan penginapan.
  • Bawa pakaian hangat secukupnya.

2. Berangkat

  • Perhatikan waktu keberangkatan bus ke Pangandaran dari terminal terdekat. Kalau bisa, sampai di Terminal Pangandaran Subuh2, jadi bisa lihat sunrise di Batu Karas.
  • Pilih bus yang jarak antara baris satu dan lainnya lapang.
  • Kalau bisa, pilih yang ada toilet-nya, jadi kalau kebelet ga usah susah2 minta diberentiin.

3. Green Canyon – Pangandaran

  • Lebih baik sewa kendaraan yang sudah disediakan pihak pengelola Body Rafting, karena bisa antar ke penginapan juga.
  • Hindari menggunakan ojek karena selain jaraknya jauh (Terminal Pangandaran – Green Canyon – Batu Karas – Batu Hiu – penginapan), pasti harganya mahal.
  • Untuk Body Rafting, persiapkan fisik seprima mungkin.
  • Peserta min. berusia 13 tahun, tidak menutup kemungkinan juga 9 – 10 tahun asal postur tubuh memenuhi syarat. Dan pasti 1 anak didampingi 1 pemandu, jadi harganya beda dengan yang dewasa.
  • Gunakan kaos dan celana yang ringan bahannya, mudah melar, dan tidak mudah sobek.
  • Gunakan kaos berwarna gelap kalau tidak mau kejadian kayak saya. Hahaha.. Kalo pas pake kaos warna terang, tapi kondisi air coklat, yah siap2 aja itu kaos dipensiunkan, karena bakal berubah warna jadi putih kecoklatan. :mrgreen:
  • Jangan lupa berdo’a sebelum memulai Body Rafting.
  • Yang menginap di daerah Pangandaran, bisa melihat sunrise di Pantai Timur Pangandaran, apabila cuaca cerah.

4. Pulang

  • Sepertinya lebih baik dari Terminal Pangandaran langsung naik bus Budiman trayek Pangandaran – Bandung, lalu dari Bandung sambung bus lain. Hal ini menghindari macet dan membludaknya penumpang. Karena semakin siang/sore penumpang semakin banyak.
  • Pilih bus yang cukup lapang jarak antara deret kursi depan dengan deret kursi di belakangnya. Hal ini juga mempengaruhi kenyenyakan tidur.
  • Perjalanan siang/sore hari sampai malam akan lebih berasa lelah dan laparnya dibanding perjalanan malam – pagi hari. Siapkan snack2, minuman secukupnya untuk pengganjal lapar, karena belum tentu bus akan berhenti di tempat pemberhentian untuk makan sejenak.

For more info in Green Canyon (Body Rafting, Body Tubing, River Boarding), please contact Kang Dede (GUHA BAU OPERATOR) at (*+62 85 228 766 558*).

OK, hepi nge-trip ke Green Canyon – Pangandaran 🙂

Thanks To :

Advertisements
Comments
6 Responses to “Green Canyon – Pangandaran (epilog)”
  1. Dhika says:

    Puass…!! Rame…!! Alhamdulillah, apa yang di benak, tersalurkan semua.. bagus, bener2 experience yang indah dan keren abis…body rafting in Green Canyon baguss!!

    ehem2, siapa ya Bu D itu…(hehehe), thanks ya ki, for sharing all of it in ur blog. Komplit banget penjelasanmu. Dijamin yang butuh info body rafting, green canyon gak akan kesusahan.. ! hehehe.. Dan, yang pasti, nama Pak Dede makin tenar aja… hehe. Tapi emang bener deh, orang itu baik beneur.. recommended abis deh Pak Dede dari Guha Bau. Makasi banyak ya Pak ;).

    Ayoo.. next trip kemana kita?? 😀

  2. echen says:

    mas aku penginapannya letaknya dmn ya? dkt sma greencanyon nya ga? harganya berapa? yg murah dmn yaa

    makasiihh

  3. dedemendoel says:

    Tims gan Atas kunjungan dan recomendasinya, moga liburan anda berkesan.

  4. jualkaos2014 says:

    Untuk lokasi penginapan disediakan Pak Dede juga atau kita cari sendiri mas ?
    Rekomendasi nama Penginapannya apa ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: